Ruang Tamu

BELAJAR MEMBUAT KONTEN AUDIO VISUAL DI PERPUSKAB SUKABUMI

29572441_10215979774868836_7379702849739371767_n.jpg
Kang Erik sedang menerangkan tentang komponen konten audio visual (https://web.facebook.com/pujanggapalsu83)

Masih tersisa rintik-rintik hujan yang turun siang itu. Walaupun langit gelap sedari pagi dan belum ada tanda-tanda akan cerah hingga adzan lohor berkumandang, lebih dari 20 orang berkumpul dengan penuh semangat di Ruang Audio Visual Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi. Bahkan, satu peserta ada yang berangkat dari Pelabuhan Ratu yang berjarak lebih dari 50 km dari Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi yang terletak di Jln Raya Gelanggang Pemuda, Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Hari Sabtu itu, 24 Maret 2018, Perpustakaan Kabupaten Sukabumi mengadakan pertemuan pertama untuk pembuatan konten audio visual atau biasa kita sebut video. Narasumber kegiatan ini adalah Kang Erik Kusumah, news research and development di AnTV, sebuah stasiun TV swasta nasional. Selain bekerja di stasiun TV, Kang Erik juga merupakan seorang Youtuber. Pelanggan channel Youtubenya sudah lebih dari seribu orang.

Tentu saja kelas yang diisi oleh seorang ahli ini memang tidak boleh disia-siakan.

Pada pertemuan pertama ini, Kang Erik Kusumah menjelaskan tentang komponen yang ada dalam sebuah konten audio visual seperti scene, sync, obb (bagian pembukaan video), cbb (bagian penutupan dalam video), atmosphere (suasana), dan lain-lain. Secara garis besar, Kang Erik menjelaskan porsi-porsi dari masing-masing komponen supaya bisa terlihat menarik. Pertemuan ini ditutup dengan pembagian kelompok serta tugas membuat channel Youtube dan tema video yang akan dibuat pada pertemuan selanjutnya.

Kegiatan pembuatan konten audio visual ini didahului dengan kegiatan belajar menulis artikel bersama Meita Eryanti, pengelola jabaraca.com dan perkenalan blog dalam menulis produktif bersama Kang Gery dari Sukabumi Today.

Rangkaian acara ini dibuka oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, Bapak drs. Dedi Budiawan. Pada sambutan pembukaannya, beliau menjelaskan tentang peran perpustakaan sebagai pusat informasi. Salah satu informasi yang disediakan oleh Perpustakaan Kabupaten Sukabumi adalah tentang pembuatan konten audio visual ini.

Selain Pak Dedi, turut hadir memberikan sambutan adalah Ibu Nunung Nuriah M.Pd, Kepala Seksi Kerjasama dan Layanan Perpustakaan. Dalam sambutannya, Ibu Nunung menceritakan tentang banyaknya konten negatif yang beredar di dunia maya. Perpustakaan berinisiatif untuk membuka kelas menulis dan pembuatan konten audio visual supaya kita bisa menyemarakkan dunia maya dengan konten positif buatan kita.

“Keren lho, perpustakaan kabupaten bisa membuat acara semacam ini. Mengundang narasumber ahli dan tidak memungut biaya dari peserta,” kata Kang Erik pada akhir acara. “Belajar audio visual itu mahal kalau di luaran. Makanya kita harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar sebaik-baiknya.”

29512795_171565386897934_8899357136170035981_n.jpg
Foto bersama narasumber dan peserta (https://web.facebook.com/nani.nafisah.1)

Bekasi 29 Maret 2018

________________________________

Pertama kali dipublikasi di jabaraca.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s